Mey Chan: Nasionalisme Kita Mulai Luntur

Mey Chan: Nasionalisme Kita Mulai Luntur
Mey Chan, pasangan duet Maia Estianty punya sederet kenangan memperingati kemerdekaan Indonesia yang jatuh setiap 17 Agustus. Salah satu ingatan ketika masih di kampung halamannya, Malang, Jawa Timur, yaitu seringnya mengikuti perlombaan.

Ketika usianya masih kanak-kanak, ia ikut lomba makan kerupuk dan balap karung. Tak jarang, ia pulang dengan membawa hadiah karena berhasil memenangkan lomba. Kala itu, peringatan kemerdekaan dirasa sangat meriah dan banyak warga menikmatinya dalam suasana suka cita.

Ketika beranjak dewasa, wanita kelahiran Malang, 14 Mei 1986 itu, merasa semuanya pelan-pelan berubah. Apalagi, saat ia hijrah ke Jakarta dan berkarier sebagai penyanyi bersama mantan istri Ahmad Dhani. Ia rupanya tak lagi menemukan acara lomba yang digagas warga untuk memperingati hari kemerdekaan.

"Sekarang di Jakarta kurang meriah," ucapnya saat ditemui semalam di studio RCTI, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Mey Chan memang bukan seorang pengamat dari kalangan akademisi yang jago berkomentar. Namun, ia menduga bahwa kadar nasionalisme di tengah masyarakat sudah mulai berkurang dan cenderung individualis.

"Harusnya sebagai warga negara rasa nasionalismenya dijaga," katanya.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Kesehatan